Background

Contoh Resensi


MENUMBUHKAN KESADARAN HIDUP BERMASYARAKAT LEWAT PLKJ

Judul buku                  : Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta untuk SMP dan MTs Kelas IX
Penulis                       : Ni Ketut Seni Ariati
Penerbit                     : Widya Utama
Tempat, Tahun terbit : Jakarta, 2009
Tebal buku                 : viii + 136 halaman

Buku ini adalah buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta yang disusun berdasarkan kurikulum pendidikan muatan lokal terbaru DKI Jakarta untuk sekolah menengah pertama. Ciri utama buku ini yaitu, adanya aktivitas awal yang dapat menjadi tolak ukur bagi pengajar untuk mengetahui kemampuan siswa tentang materi yang akan dipelajarinya.
Di dalam buku ini, siswa akan mempelajari sejarah perkembangan kota Jakarta, lingkungan alam, lingkungan sosial budaya, serta pola prilaku masyarakat Jakarta dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai permasalahan yang timbul di kota Jakarta dan cara menanggulanginya juga dipelajari dalam buku ini.
Bab 1 bertemakan bencana banjir (hal 1-11). Pada bab ini dijelaskan penyebab terjadinya banjir di Jakarta, daerah rawan banjir di Jakarta, akibat yang ditimbulkan banjir, serta cara pencegahan dan penanggulangan bahaya banjir.
Bab 2 bertemakan bahaya kebakaran (hal 15-27). Pada bab ini dijelaskan penyebab dan akibat terjadinya kebakaran, serta cara pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.
Bab 3 berisi tentang larangan merokok, zat-zat berbahaya dalam rokok, dampak negatif rokok, dan Perda DKI Jakarta tentang larangan merokok (hal 31-49).  Selain itu bab ini juga memuat jenis-jenis zat berbahaya, akibat penggunaan narkoba, dan UU tentang larangan penyalahgunaan zat berbahaya.
Pada bab 4, siswa diajak untuk mengenal apa itu keselamatan dan keamanan diri (hal 53-61). Bab ini berisi tentang tindak pidana terhadap perilaku pelajar yang menyimpang serta cara menjaga keselamatan dan keamanan mental spiritual.
Bab 5 berisi tentang kependudukan di DKI Jakarta, yang meliputi meningkatnya penduduk Jakarta beserta permasalahannya, pengertian, dampak, cara mencegah urbanisasi, dan pentingnya administrasi kependudukan (hal 71-83).
Bab 6 berisi tentang tata ruang kota DKI Jakarta, yang meliputi rencana umum tata ruang kota DKI Jakarta, keterangan rencana tata letak bangunan, pengawasan pembangunan kota, dan Izin Penggunaan Bangunan (hal 87-103).
Pada bab 7, siswa diajak untuk mengenal rumah susun di DKI Jakarta (107-121). Bab ini berisi tentang tujuan pembangunan rumah susun, ciri khas kelengkapan rumah susun, pengertian pemilik dan penghuni rumah susun, tugas pokok pengelola, penghimpun, dan penghuni rumah susun, mewujudkan keamanan, kebersihan, dan keakraban di rumah susun, serta cara menjaga ketertiban dan keindahan di rumah susun.
Materi-materi yang dimuat dalam buku ini tidak bertele-tele, lengkap, dan mudah dimengerti. Didalamnya juga dilengkapi beragam ilustrasi, gambar, foto, grafik, dan tabel untuk membantu siswa memahami konsep materi yang akan di pelajari.
Buku ini juga memuat bagian “jendela ilmu” dan “tahukah kamu?” yang merupakan informasi penting dan terkini untuk menambah wawasan siswa mengenai Jakarta. Aktivitas-aktivitas yang dimuat dalam buku ini dibuat agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami. Huruf yang digunakan sudah jelas dan dapat terbaca. Namun sayang, jarak antara baris satu dengan baris lainnya terlalu rapat, sehinga mengurangi kenyamanan mata.
Buku ini sangat baik digunakan oleh siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Buku ini jelas makin memperluas wawasan tentang kehidupan bermasyarakat di Jakarta, sehingga dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan alam dan budaya Jakarta. Siswa juga belajar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan  disiplin.

Categories: , Share

Leave a Reply