Contoh Resensi
MENUMBUHKAN KESADARAN HIDUP BERMASYARAKAT
LEWAT PLKJ
Judul buku : Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta untuk SMP dan MTs Kelas IX
Judul buku : Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta untuk SMP dan MTs Kelas IX
Penulis :
Ni Ketut Seni Ariati
Penerbit :
Widya Utama
Tempat, Tahun terbit : Jakarta, 2009
Tebal buku :
viii + 136 halaman
Buku ini adalah buku Pendidikan Lingkungan
Budaya Jakarta yang disusun berdasarkan kurikulum pendidikan muatan lokal
terbaru DKI Jakarta untuk sekolah menengah pertama.
Ciri utama buku ini
yaitu, adanya aktivitas awal yang dapat menjadi tolak ukur bagi pengajar untuk
mengetahui kemampuan siswa tentang materi yang akan dipelajarinya.
Di dalam buku ini, siswa akan mempelajari
sejarah perkembangan kota Jakarta, lingkungan alam, lingkungan sosial budaya, serta pola prilaku masyarakat
Jakarta dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai permasalahan yang timbul di kota
Jakarta dan cara menanggulanginya juga dipelajari dalam buku ini.
Bab 1 bertemakan bencana banjir
(hal 1-11). Pada bab ini dijelaskan penyebab terjadinya banjir di
Jakarta, daerah rawan banjir di Jakarta, akibat yang ditimbulkan banjir, serta cara
pencegahan dan penanggulangan bahaya banjir.
Bab 2 bertemakan bahaya kebakaran
(hal 15-27). Pada bab ini dijelaskan penyebab dan akibat
terjadinya kebakaran, serta cara pencegahan dan penanggulangan bahaya
kebakaran.
Bab 3 berisi tentang larangan merokok, zat-zat
berbahaya dalam rokok, dampak negatif rokok, dan Perda DKI Jakarta tentang
larangan merokok (hal 31-49). Selain itu bab
ini juga memuat jenis-jenis zat berbahaya, akibat penggunaan narkoba, dan UU
tentang larangan penyalahgunaan zat berbahaya.
Pada bab 4, siswa diajak untuk mengenal apa
itu keselamatan dan keamanan diri (hal 53-61). Bab ini berisi tentang tindak pidana
terhadap perilaku pelajar yang menyimpang serta cara menjaga keselamatan dan
keamanan mental spiritual.
Bab 5 berisi tentang kependudukan di DKI
Jakarta, yang meliputi meningkatnya penduduk Jakarta beserta permasalahannya,
pengertian, dampak, cara mencegah urbanisasi, dan pentingnya administrasi
kependudukan (hal 71-83).
Bab 6 berisi tentang tata ruang kota DKI
Jakarta, yang meliputi rencana umum tata ruang kota DKI Jakarta, keterangan
rencana tata letak bangunan, pengawasan pembangunan kota, dan Izin Penggunaan
Bangunan (hal 87-103).
Pada bab 7, siswa diajak untuk mengenal rumah
susun di DKI Jakarta (107-121). Bab ini berisi tentang tujuan pembangunan rumah susun,
ciri khas kelengkapan rumah susun, pengertian pemilik dan penghuni rumah susun,
tugas pokok pengelola, penghimpun, dan penghuni rumah susun, mewujudkan
keamanan, kebersihan, dan keakraban di rumah susun, serta
cara menjaga ketertiban dan
keindahan di rumah susun.
Materi-materi yang dimuat dalam
buku ini tidak bertele-tele, lengkap, dan mudah dimengerti. Didalamnya juga dilengkapi beragam ilustrasi, gambar, foto, grafik, dan tabel untuk
membantu siswa memahami konsep materi yang akan di pelajari.
Buku
ini juga memuat bagian “jendela ilmu” dan “tahukah kamu?” yang merupakan
informasi penting dan terkini untuk menambah wawasan siswa mengenai Jakarta. Aktivitas-aktivitas yang dimuat dalam buku
ini dibuat agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Bahasa
yang digunakan juga mudah dipahami. Huruf yang digunakan sudah jelas dan dapat terbaca.
Namun sayang, jarak antara baris satu dengan baris lainnya terlalu rapat,
sehinga mengurangi kenyamanan mata.
Buku
ini sangat baik digunakan oleh siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Buku ini jelas makin
memperluas wawasan tentang kehidupan bermasyarakat di Jakarta, sehingga
dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan alam dan budaya Jakarta. Siswa juga belajar menjadi anggota
masyarakat yang bertanggung jawab dan disiplin.